Februari 28, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Tips Dalam Memilih Lem Pipa Yang Awet!

3 min read

Lem pipa merupakan bahan yang digunakan untuk membuat rangkaian pipa utuh pada saluran air. Dalam pemilihan lem ini tentu anda tidak boleh sembarangan, Karena pada dasarnya tidak semua lain bisa digunakan sebagai media penyambung pipa.

Kesalahan Anda dalam memilih lem dapat berujung pipa pvc jadi mudah lepas. Untuk itu Anda membutuhkan beberapa tips penting dalam pemilihan lem terutama untuk pipa air panas.

 

Tips Memilih Lem Pipa Terbaik

 

1. Pilih Yang Tahan Lama

Dalam pemilihan lem pipa air yang bagus maka sebaiknya cari yang punya kemampuan dalam melakukan reaksi solvent cement. Hal ini agar mencegah kebocoran pada pipa nantinya yang tentu akan merepotkan. Maka dari itu setelah melakukan penyambungan pipa, ada juga wajib memeriksa hasil perekatan pipa pvc dengan lem apakah sudah kuat.

Rekatan dari lem harus benar-benar sempurna untuk menyambungkan pipa satu sama lain. Pipa yang melekat dengan sempurna mampu mengatasi kebocoran pada pipa. Maka dari itu pastikan bahwa lem bisa merekat antar sambungan dengan sempurna.

 

2. Pilih Berdasarkan Kebutuhan

Lem pipa bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja saat perbaikan pipa maka dibutuhkan lem yang tidak hanya mampu melekat sempurna tapi juga tahan lama agar sambungan nya tidak mengalami kebocoran. Nah ketika Anda memilih lem untuk proyek besar maka pilih yang tahan lama, mudah dalam penggunaannya dan juga cocok bagi iklim tropis di Indonesia. Dari segi harga pipa juga harus memiliki nilai yang kompetitif.

 

Tips Merekatkan Sambungan Dengan Lem Pipa

Setelah mengetahui tips untuk memilih lem, kini saatnya anda juga memperhatikan cara merekatkan pipa sambungan dengan lem yang benar.

 

  • Bersihkan terlebih dahulu, pertama sekali Anda harus membersihkan sambungan pipa agar proses mengelem sambungan dan perekat bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu nantinya rekatan akan terjadi dengan sempurna.
  • Ukur sambungan, hal kedua yang harus dilakukan yaitu mengukur kedalaman dari pipa sambungan. Setelah diukur maka tandai bagian pipa. Hal ini sangat penting agar pipa yang disambung punya kedalaman sama dengan ukuran kedalaman fitting yang digunakan.
  • Bagian pengolesan lem, ini saatnya mengoleskan lem pada pipa ataupun fitting yang akan disambungkan. Sebaiknya oleskan secara merata agar bisa tersebar dengan baik dan prosesnya berjalan sempurna. Jika anda tidak memberikan lem secara merata maka bisa saja terjadi pengulangan pemberian lain sehingga waktu yang digunakan tidak efisien.
  • Penyambungan, setelah proses perekatan maka dilanjut yaitu dengan menyambungkan dua buah pipa sambungan. Hal ini bisa anda lakukan dengan cepat agar tidak sampai mengering. jangan lupa lakukan gerakan memutar pada saat melakukan penyambungan pipa.
  • Bersihkan sisa lem, hal terakhir yang harus anda lakukan yaitu membersihkan sisa-sisa lem yang ada di permukaan pipa. Proses pembersihan ini untuk membuat antara pipa dan sambungan tetap bersih tak bernoda.

 

 

Itu tadi beberapa tips dalam pemilihan lem pipa dan cara menyambungkannya yang ternyata cukup mudah dan tidak rumit. Bahkan untuk pemasangan pipa di rumah Anda bisa melakukan penyambungan ini sendiri karena terbilang sangat praktis. Bagi Anda yang sedang mencari lem, pipa dan sambungan pipa direkomendasikan untuk membelinya di Rucika. perusahaan ini menjadi akar rangkaian pipa yang lengkap dengan sambungan serta lem PVC. Bahkan untuk lem PVC-nya sendiri tersedia dari merek RUglue yang memiliki daya rekat bagus serta tahan lama.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.