September 17, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Mengulas Penyebab Bayi Mencret dan Langkah Pertolongannya

2 min read

Diare pada dasarnya adalah masalah kesehatan yang dapat dialami oleh siapa saja, namun yang paling sering memang anak-anak dan juga bayi. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena kekebalan tubuh mereka masih lemah, ditambah lagi sistem pencernaan yang belum bekerja secara optimal, ada beberapa enzim dalam tubuhnya yang belum bisa digunakan, sehingga membuat buah hati lebih rentan mengalami masalah pencernaan jika seandainya salah makan.

 

Untuk lebih jelasnya maka berikut ini ada beberapa faktor penyebab bayi mencret yang wajib Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Infeksi usus, infeksi pada usus ini dapat terjadi karena bakteri maupun beberapa jenis parasit tertentu yang masuk kedalam tubuh, diantaranya adalah berasal dari makanan yang di konsumsinya.
  2. Keracunan makanan, bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan umumnya memang sudah harus diberikan MPASI sebagai salah satu penunjang asupan nutrisi mereka. Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri terkadang ada beberapa makanan yang belum bisa dikonsumsi sehingga justru menjadi racun dalam tubuhnya, tentunya wajib untuk diwaspadai.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi serat, buah dan sayur memang bagus untuk tubuh, namun pada bayi jika seandainya hal ini dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka hasilnya justru kurang bagus karena meningkatkan resiko untuk terkena diare.
  4. Alergi, banyak bayi yang mengalami alergi pada produk makanan atau obat-obatan tertentu dan para orang tua yang belum mengetahuinya. Sehingga ketika menggunakan produk-produk penyebab alergi tersebut maka besar kemungkinan akan membuat mereka mengalami gangguan pencernaan termasuk diantaranya adalah diare.
  5. Intoleransi laktosa, faktanya ada banyak anak di dunia yang memiliki kecenderungan intoleraksi protein susu sapi, dimana mereka memang tidak dapat mengonsumsi bahan tersebut dikarenakan tidak ada enzim yang dapat mencerna protein susu sapi yang sudah masuk kedalam tubuh. Sehingga hal ini patut untuk diwaspadai, karena bisa berdampak fatal bisa menyebabkan diare berat setelah mengonsumsi susu sapi ataupun produk olahannya.

 

Itulah penyebab bayi mencret yang harus Anda waspadai, jika seandainya sudah terjadi maka tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa langkah pertolongan yang dapat diambil agar kondisinya tidak semakin parah, yaitu:

 

  1. Berilah mereka ASI lebih sering, hal ini berguna untuk menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi sehingga tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.
  2. Berikan ia suplemen zinc, pemberian suplemen zinc ini memang sangat dianjurkan untuk bantu atasi diare yang dialami oleh balita. Dosis pemberiannya sendiri berbeda-beda, untuk bayi di bawah 6 bulan dianjurkan 10 mg perhari, sedangkan pada balita adalah 20 mg perhari.
  3. Berikan mereka prebiotik, bahkan dengan pemberian prebiotik juga secara efektif mampu untuk membantu mengatasi diare pada buah hati Anda, ada banyak diantara makanan dengan kandungan prebiotik yang aman dikonsumsi oleh bayi, karena mampu untuk menyeimbangkan bakteri yang ada dalam usus.

 

Sekarang ini juga sudah tersedia Entrostop anak yang aman dikonsumsi oleh balita dan juga anak-anak, berikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk bantu mempercepat penyembuhan diare pada mereka. Penyakit diare ini pada dasarnya bukan sesuatu yang dapat disepelekan, mengingat ia juga bisa menyebabkan kematian jika seandainya penderitanya sudah mengalami dehidrasi berat. pertolongan pertama memang penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan para orang tua lebih aktif menjaga kebersihan mereka dan memperhatikan higienitas produk yang dikonsumsi oleh buah hati agar lebih aman.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.