Oktober 25, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Mengenal Lebih Dekat dengan Throttle Control dan Fungsinya

3 min read

Karena zaman sudah semakin modern dan canggih seperti saat ini, tidak heran bila sekarang sudah muncul banyak sekali peralatan dan teknologi yang modern. Sebagai contohnya adalah throttle control. Mungkin memang tidak semua orang paham tentang apa alat ini, apa kegunaannya dan apa fungsinya. Tetapi mungkin untuk orang yang sangat gemar pada dunia otomotif sudah tidak akan asing lagi dengan alat satu ini.

 

Jadi yang belum tahu dengan alat otomotif satu ini dapat dijelaskan bahwa alat ini merupakan salah satu jenis alat aftermarket yang memiliki fungsi sebagai alat yang bisa digunakan untuk memanipulasi sistem bukaan throttle. Dengan begitu nantinya bisa digunakan untuk mengatur besaran bukaan yang ada pada throttle. Sedikit pengetahuan bahwa alat ini hanya bisa digunakan pada mobil yang sudah menerapkan teknologi Throttle by Wire (TbW) atau bisa juga mobil yang sudah menerapkan Drive by Wire (DbW).

 

Biasanya pada mobil yang sudah menerapkan sistem ini akan bisa memiliki mekanisme pembukaan throttle yang sudah diatur secara elektronik. Dan tidak lagi perlu pengaturan yang lebih ribet dan biasa terdapat pada mobil-mobil yang belum menerapkan sistem DbW atau TbW. Biasanya mereka yang sudah menggunakan mobil dengan sistem DbW ini akan memiliki respon yang cukup lama antara bajakan yang ada pada kaki di pedal gas yang kadang tidak selaras dengan akselerasinya. Dan berikut ini adalah beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan alat ini pada sebuah mobil:

 

  • Alat ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi dan nantinya bisa menjadikan suatu karakteristik dari beberapa sistem sehingga sistem bisa menjadi lebih stabil. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan alat ini juga bisa menjadikan komponen yang ada pada sebuah mobil lebih bagus. Seperti contohnya adalah mampu digunakan untuk meningkatkan kemudahan dalam berkendara seperti misalnya saat pemindahan gigi dan juga bisa menanggapi perubahan torsi dramatis yang terkait dengan akselerasi dan juga deselerasi yang lebih cepat dan tepat.
  • Alat ini juga masuk dalam salah satu komponen yang bisa memberikan fasilitas pada integrasi fitur seperti cruise control dan kontrol aksi serta kontrol stabilitas. Tidak hanya itu saja, alat ini juga bisa digunakan untuk melakukan kontrol rasio udara. Bahan bakar serta ems yang berasal dari gas buang dan juga pengurangan konsumsi bahan bakar. Dan alat ini memang biasanya juga akan bekerja sama dengan teknologi lain yang ada pada sebuah mesin mobil seperti misalnya injeksi yang berasal dari bensin secara langsung.

 

Dari beberapa penjelasan yang sudah diberikan di atas maka sedikit banyak Anda pasti sudah memiliki gambaran mengenai fungsi yang dimiliki oleh alat ini. Mungkin bila memang bukan dari kalangan orang otomotif akan sangat asing dengan yang namanya throttle control yang merupakan salah satu jenis alat yang bisa digunakan untuk penggunaan mobil menjadi lebih maksimal. Tetapi satu hal yang perlu dan sangat penting untuk Anda perhatikan adalah bahwa karena saat ini sudah banyak sekali jenis alat ini yang dijual di pasaran otomotif, maka Anda sangat perlu untuk berhati-hati apabila berniat ingin membelinya. Karena di dapati masih ada beberapa alat yang palsu dan merupakan barang tiruan yang dijual di pasaran. Jika memang sangat ingin membelinya maka Anda bisa meminta tolong pada orang-orang yang lebih paham dan mengerti tentang alat ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.