September 17, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Jenis Makanan Diet Sehat untuk Kamu Penderita Maag

4 min read

Banyak yang berkecil hati untuk melakukan diet karena menderita sakit maag. Padahal ada lho makanan diet sehat bagi penderita maag yang dapat dikonsumsi. Memiliki sakit maag bukan berarti tidak bisa melakukan diet, karena masih bisa dilakukan dengan cara memilih jenis asupan makanannya.

 

Penyebab terbesar mengapa maag sering muncul saat melakukan diet adalah merasakan stress dan cemas. Perasaan cemas karena berat badan tak kunjung turun inilah yang akan memicu menurunnya produksi hormon prostaglandin. Padahal hormon inilah yang berfungsi melindungi lambung dari zat asam yang akan menghancurkan makanan [1].

 

Jadi sebaiknya selama diet jangan terlalu merasa cemas apalagi stress. Terus konsumsi makanan diet untuk kurus yang aman dengan pola terjaga.

 

Makanan Diet Sehat yang Cocok untuk Penderita Maag

Maag pada tubuh terjadi karena adanya gangguan pada saat makanan dicerna dalam lambung bersama enzim renin dan pepsin dan asam lambung atau HCl. Gangguan yang terjadi terus menerus membuat asam lambung memecah mukosa dan terjadilah peradangan atau iritasi pada lambung [2].

 

Coba ingat-ingat kembali bagaimana gaya hidup Anda sebelum menjalankan diet. Jika sering makan terlalu cepat, porsi makan besar, konsumsi kafein dan soda berlebihan maka bisa menciptakan gangguan dan menimbulkan maag.

 

Saat sudah sakit maag, maka penting untuk menjaga pola makan diet yang benar ditambah dengan asupan makanan diet sehat yang aman. Untungnya beberapa jenis makanan ini aman untuk dikonsumsi selama diet.

 

1. Jenis Sayuran yang Rendah Lemak serta Gula

Hampir semua jenis sayuran mampu mengatasi asam lambung ketika maag kumat. Lebih beruntungnya lagi sayuran adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan pada saat diet. Semua jenis sayuran mengandung lemak dan gula rendah [3].

 

Beberapa jenis sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah brokoli, kembang kol, sayuran daun hijau seperti sawi, bayam, kangkung, mentimun, kacang hijau dan kentang. Tidak ada batasan khusus untuk pediet dengan sakit maag dalam memilih sayuran.

 

2. Pilihan Buah yang Aman

Berbeda dengan sayuran, buah bagi penderita maag harus dipilih dengan cermat pada saat diet. Karena beberapa jenis buah memiliki rasa asam berlebih yang mampu memicu asam lambung naik dan maag kumat.

 

Beberapa jenis buah yang aman seperti pisang, apel, melon, pepaya, atau kelapa. Pisang memiliki kadar pH rendah yaitu 4,2 sampai 5,2 saja sehingga tidak asam. Sedangkan apel memiliki kandungan serta tinggi dengan kalsium, kalium dan magnesium [4].

 

Buah yang harus dihindari penderita maag saat diet antara lain tomat, aneka buah sitrus dan alpukat.

 

3. Oatmeal

Makanan diet sehat yang sangat cocok untuk sarapan adalah oatmeal. Kandungan serat dalam oatmeal sangat baik untuk diet apalagi risiko refluks asam pada lambung pun lebih rendah [3].

 

Ada begitu banyak pilihan makanan yang terbuat dari gandum seperti beras, roti sampai camilah khusus.

 

4. Ayam, Ikan dan Seafood

Menu makanan diet sehat yang menjadi sumber protein hewani tidak lain adalah ayam hingga aneka seafood. Tingkat keamanan jenis makanan ini tergantung dari bagaimana cara memasaknya.

 

Paling aman, ayam, ikan atau seafood dimasak dengan cara dipanggang. Karena kandungan minyak lebih sedikit namun makanan tetap matang merata. Justru hindari ketiga jenis bahan makanan ini dengan digoreng menggunakan minyak banyak yang bisa memicu maag.

 

Selain menentukan jenis makanan, atur juga jam makan diet. Para penderita maag lebih baik untuk tetap mengkonsumsi makanan terus menerus tanpa membiarkan perut kosong. Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun sering adalah trik yang tepat.

 

Perhatikan juga soal asupan air mineral terbaik yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi AQUA secara rutin selama program diet. Bukan hanya penderita maag saja, ibu hamil, saat sedang sakit, sebelum dan sesudah olahraga wajib minum AQUA.

 

Kandungan AQUA yang kaya akan mineral mampu memberikan banyak manfaat dalam tubuh. Contohnya kalsium yang jadi salah satu kandungan mineral dalam AQUA setara dengan susu yang bagus untuk kesehatan tulang. Selain kalsium masih ada kandungan mineral lain yaitu magnesium, selenium dan natrium [5].

 

Selama 48 tahun berdiri di Indonesia, AQUA mampu menjaga kualitas semua mineral dalam air untuk menyehatkan tubuh. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana AQUA menerapkan proses terbaik dengan tiga jenis perlindungan.

 

Prosesnya dimulai dari perlindungan ekosistem di area sumber air di mana AQUA terus merawat sehingga air yang dihasilkan tetap berkualitas. Proses selanjutnya adalah dengan hanya mengambil air untuk dikemas dari hasil penyaringan batuan vulkanis dan pasir.

 

Melalui proses inilah kandungan mineral dalam air tetap terjaga. AQUA tidak sembarang mengambil air apalagi menyulingnya. Proses terakhir yang dilakukan AQUA untuk melindungi adalah bagaimana proses pengemasannya memanfaatkan teknologi untuk menjaga agar mineral baik tetap bisa dikonsumsi oleh konsumen.

 

Kemasan botol plastik terbaru dari AQUA dibuat dari bahan daur ulang dan bisa diolah kembali. Sehingga AQUA secara langsung juga menjaga kelestarian alam dari masalah sampah plastik. Namun kandungan air mineral yang dikonsumsi tiap aman.

 

Pada akhirnya semua asupan makanan diet sehat dan juga AQUA untuk Anda yang menderita maag sangat diperlukan. Pastikan program diet Anda berjalan lancar dengan mengikuti pilihan makan dan minum ini.

 

Sumber:

  1. https://hellosehat.com/pencernaan/maag/penyebab-sakit-maag/
  2. https://www.halodoc.com/kesehatan/sakit-maag
  3. https://www.halodoc.com/artikel/perhatikan-menu-diet-untuk-pengidap-sakit-maag
  4. https://hellosehat.com/pencernaan/maag/buah-untuk-asam-lambung/
  5. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-yang-baik-untuk-tubuh/
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.