Februari 25, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Inilah Layanan Imunisasi di Rumah yang Wajib untuk Bayi

2 min read

Imunisasi merupakan langkah yang bisa digunakan untuk membuat badan lebih kebal dari suatu penyakit. Sehingga dengan memberikan vaksin lewat imunisasi akan dapat untuk membuat kesehatan yang tidak mudah terganggu dan terserang penyakit tertentu. Bayi merupakan kelompok yang wajib untuk mendapatkan imunisasi yang diberikan. Hal tersebut karena bayi mempunyai daya tahan tubuh yang masih sangat rendah. Sehingga hal tersebut akan membuatnya lebih mudah untuk terserang penyakit. Oleh karena itulah untuk menghindari hal tersebut maka bisa untuk memberikan imunisasi pada bayi. Ada beberapa jenis imunisasi wajib yang harus diberikan untuk bayi. Misalnya bagi Anda yang menginginkan layanan imunisasi di rumah beberapa jenis imunisasi yang wajib diberikan adalah:

 

1. Hepatitis B

Jenis imunisasi wajib pertama yang diberikan untuk melindungi kesehatan bayi adalah hepatitis B. Layanan ini merupakan pemberian vaksin yang akan dapat mencegah penyakit hepatitis B. Jenis ini merupakan layanan yang akan diberikan paling lambatnya adalah 12 jam setelah bayi lahir. Setelahnya bisa untuk melakukan imunisasi ketika bayi memasuki bulan pertama. Sedangkan untuk pemberian vaksin yang terakhir adalah ketika usianya menginjak 3 hingga 6 bulan. Untuk pemberian vaksin wajib ini memang dilakukan selama 3 kali dan dilakukan dengan waktu yang tepat. Jenis vaksin ini sangat penting untuk diberikan, karena apabila tidak tentunya akan bisa membuat bayi mempunyai kesempatan besar terkena penyakit hepatitis B.

 

2. Polio

Vaksin selanjutnya yang dapat diberikan untuk bayi adalah polio. Imunisasi ini wajib untuk diberikan pada bayi sehingga akan dapat untuk mencegah bayi mengalami kelumpuhan. Hal tersebut karena banyak yang mengabaikan vaksin ini sehingga bayi terserang penyakit yang bisa mengakibatkan kelumpuhan. Oleh karena itulah untuk mencegah penyakit yang dikenal dengan lumpuh layu ini dapat memberikan bayi vaksin polio. Vaksin ini akan bermanfaat untuk mencegah kelumpuhan yang dapat terjadi karena penyakit menular yang membuat lumpuhnya otot pernafasan. Pemberian vaksin ini dapat diberikan sebanyak empat kali yaitu saat lahir, 2 bulan, 4 bulan, dan terakhir ketika bayi berusia 6 bulan.

 

3. BCG

Vaksin selanjutnya yang wajib diberikan untuk bayi adalah BCG. Vaksin ini mempunyai manfaat untuk dapat mencegah anak terkena kuman tbc. Sehingga hal tersebut akan mempunyai akibat yang fatal untuk kesehatan, karena tbc dapat menyerang paru-paru hingga selaput otak. Apabila Anda tidak memberikan vaksin ini bisa membuat bayi mengalami kecacatan bahkan juga kematian. Pemberian vaksin ini akan mendapatkan hasil terbaik ketika diberikan saat bayi berusia 2 bulan.

 

4. Campak

Vaksin wajib selanjutnya yang bisa diberikan untuk bayi adalah untuk mencegah penyakit campak. Vaksin ini dapat diberikan dua kali saja yaitu ketika bayi berusia 9 bulan dan ketika berusia 2 tahun. Vaksin ini mempunyai manfaat untuk dapat mencegah penyakit campak berat sehingga bisa mengakibatkan pneumonia, diare, bahkan juga dapat menyerang otak. Bagi yang telah mendapatkan vaksin MMR tidak perlu lagi untuk diberikan vaksin campak yang kedua.

 

5. Pentavalen

Jenis vaksin terakhir yang bisa diberikan pada layanan imunisasi di rumah adalah pentavalen. Vaksin ini memberikan banyak manfaat yang bisa digunakan untuk mencegah berbagai penyakit. Seperti dapat untuk memberikan vaksin DPT yang akan mencegah penyakit difteri, pertusis, dan juga tetanus. Selain itu juga ada vaksin HB dan vaksin HiB. Vaksin ini diberikan empat kali saat bayi mempunyai usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 8 bulan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.