Oktober 6, 2022

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Biar Tumbuh Kembangnya Optimal, Moms Wajib Memahami Bahasa Bayi Ini

3 min read

Masih banyak orang tua yang menganggap bahasa bayi sebagai misteri. Padahal dengan dengan mengetahuinya, Moms bisa lebih memahami apa yang diinginkan Si Kecil, mulai dari tangisan, senyuman, kontak mata, dan berbagai gestur lainnya.

Tidak hanya itu, memahami bahasa bayi bisa membantu Moms untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Nah daripada bingung, mending kita simak yuk beberapa cara bayi berkomunikasi untuk menyampaikan maksudnya.

1. Tangisan

Dilansir dalam Raising Children, tangisan bayi sebenarnya cara pertama dan metode utama bayi berkomunikasi. Bahkan tangisan ini dilakukan sejak Si Kecil dilahirkan, hingga bisa mengucapkan beberapa kalimat utuh yang sebenarnya sudah bisa Moms pahami.

Saat menangis, umumnya bayi sedang membutuhkan sesuatu, dalam kondisi suasana hati yang kurang baik, atau sedang berusaha menyampaikan keinginannya. Misalnya, ingin mendapat perhatian lebih, sedang mengantuk, kelelahan, lapar, dan lainnya.

2. Sentuhan dan Pelukan

Bayi membutuhkan sentuhan dan pelukan sebagai bagian dari bonding. Biasanya, Si Kecil akan melakukan gestur merentangkan tangan, memeluk kaki atau bagian tubuh lainnya yang bisa diraih sebagai tanda ingin dipangku atau dipeluk.

Menurut Urban Child Institute, sentuhan dan pelukan yang merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib dilakukan orang tua selama masa pengasuhan, dengan manfaat utama untuk:

  • Merangsang pertumbuhan anak
  • Merangsang kemampuan bahasa
  • Meningkatkan keterampilan kognitif
  • Mempercepat proses pertumbuhan fisik
  • Kompetensi sosial-emosional

Tidak hanya itu, pelukan dan sentuhan yang orang tua lakukan kepada bayi bermanfaat untuk memberikan kenyamanan, yang secara langsung akan berdampak kepada peningkatan sistem kekebalan tubuh dan memberi rasa tenang.

3. Memalingkan Wajah

Banyak orang tua yang menyangka gestur memalingkan wajah atau membelakangi orang tua merupakan bahasa bayi untuk mengekspresikan rasa kecewa dan kemarahan. Hal tersebut memang ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya benar.

Dalam beberapa kasus, terkadang bayi memberikan gestur memalingkan wajah atau memberikan gestur membelakangi orang tua saat disapa sebagai bagian dari proses memahami situasi di sekitar, atau sedang ingin menikmati lingkungannya tanpa ada yang ‘mengganggu’.

4. Menekuk Lutut

Menekuk lutut merupakan salah satu gestur yang banyak dilakukan ketika Si Kecil sedang merasakan ketidaknyamanan. Ini bisa berhubungan dengan suasana hati, atau bisa juga berhubungan dengan masalah di sistem pencernaannya, seperti sedang sembelit, kembung dan lainnya.

Untuk merespons hal tersebut, Moms bisa mencoba menenangkannya dengan cara memeluk atau mengusap-ngusap bagian punggungnya. Jika sudah bisa berkomunikasi (meski masih sangat terbatas) orang tua bisa juga mencoba bertanya tentang perasaannya.

5. Respons Lain

Bayi terkadang menunjukkan tanda-tanda keinginan untuk berkomunikasi atau ingin lebih banyak diajak ngobrol. Untuk meresponsnya, Moms bisa melakukan beberapa cara komunikasi, diantaranya:

  • Berbicara tentang apa yang dia tunjukkan
  • Ekspresi hangat untuk merespons ocehannya
  • Memujinya jika dia melambai dan melambai kembali
  • Merespons dan mengikuti bayi secara perlahan.

Untuk menemani tumbuh kembang bayi, dibutuhkan popok yang tidak hanya sekedar nyaman, tapi juga dapat memberikan perlindungan yang optimal, seperti Merries Skin Protection.

Tekstur Merries Skin Protection sangat lembut dan elastis sehingga bisa mendukung pergerakan Si Kecil, dengan lapisan anti-bakteri dan kandungan ekstrak daun teh, yang dapat melindungi Si Kecil dari masalah bau pipis.

Selain itu, Merries Skin Protection dilengkapi dengan teknologi baru dan pertama di Indonesia tersebut ampuh melindungi Si Kecil dari kuman dan berbagai penyebab masalah kulit, sehingga kulit Si Kecil akan jadi lebih sehat terawat.

Referensi:

https://www.kaolifeacademy.com/

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.