September 17, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

Beberapa Tahapan Membangun Rumah Yang Harus Kamu Ketahui

2 min read

Dalam membangun rumah yang kokoh haru menggunakan bahan yang kokoh dan berkualitas, bahkan tidak jarang pada kontraktor membeli bahan bangunan dari China menggunakan ekspedisi China Indonesia untuk mendapatkan bahan baku yang mereka inginkan. Selain bahan baku yang berkualitas kamu juga harus mengetahui beberapa tahapan yang harus di lalui agar rumah yang di bangun tetap kokoh. Banyak sekali kasus dimana sebuah bangunan tidak menggunakan bahan dan proses yang benar, bangunan tersebut akan mudah rapuh dan tidak bisa bertahan lama. Oleh sebab itu ketahui beberapa tahapan membangun rumah di bawah ini.

1. Anggaran Budget

Sebelum kamu beranjak ke penentuan konsep desain exterior dan interior, kamu harus menyiapkan budget terlebih dahulu. Fungsi penganggaran budget antara lain untuk membantu kamu dalam menentukan konsep desain rumah hingga furniture yang kamu inginkan. Penting untuk kamu ketahui anggaran budget meliputi perkiraan bahan bangunan yang di butuhkan, lama waktu pengerjaan hingga biaya jasa konstruksi bangunan. Kamu juga bisa menyewa jasa konsultasi bangunan agar penyusunan konsep lebih matang.

 

2. Menetapkan Konsep Desain Rumah

Setelah kamu memilih dana yang siap untuk kamu keluarkan dalam membangun rumah, baru kamu bisa menentukan konsep rumah seperti apa yang kamu inginkan nanti. Ada beberapa konsep rumah yang biasa digunakan oleh banyak orang antara lain: minimalis, mediteranian, bohemian, vintage, nature dan lain sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu miliki dengan penerapan konsep yang kamu pilih.

 

3. Mencari Pekerja

Setelah kamu memiliki gambaran akan rumah seperti apa yang ingin kamu bangun, waktunya kamu untuk mencari pekerja atau kuli bangunan. Dalam tahap ini kamu akan berdiskusi dengan mereka tentang berapa lama mereka bisa menyelesaikan rumah yang ingin kamu bangun karena lama waktu pengerjaan akan mempengaruhi uang yang akan kamu bayarkan. Oleh sebab itu coba untuk menggunakan waktu se efisien mungkin agar tidak ada pembengkakan dana di belakang nanti. Selain itu kamu juga harus memikirkan biaya operasional seperti makanan ringan, rokok, kopi, air putih dan lain sebagainya.

 

 

4. Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Dalam membangun rumah kamu harus memiliki izin mendirikan bangunan. Hal ini di lakukan agar tidak terjadi pembangunan ilegal yang menggunakan tanah tidak bertuan. Kepemilikan tanah yang tidak sah akan berakibat fatal pada rumah yang sudah di bangun. Kamu bisa mendapatkan tuntutan pidana atau bisa mengalami penggusuran. Oleh sebab itu IMB dan masalah legalitas yang lain harus kamu selesaikan dengan staff ahli. Saat ini juga sudah banyak ahli hukum yang akan membantu kamu dalam permasalahan tersebut.

Untuk mengatasi pembengkakan dana kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu. Cobalah cari toko bangunan yang menjual bahan yang kamu butuhkan seperti batu bata, semen, marmer, besi polos, dan bahan lainnya yang mungkin akan kamu beli.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.