Agustus 2, 2021

Media Ternama

Media Nasional Terpercaya

5 Cara Menyiasati Anak Yang Susah Makan Sayur

2 min read

Setiap orang pasti merasa kesal ketika anaknya susah makan sayur. Tidak jarang hal ini membuat para orangtua akhirnya menggunakan berbagai macam jalan pintas agar anaknya mau makan sayur. Seperti, mengancam anak tidak boleh bermain atau menyogok anak dengan permen, uang, maupun mainan yang mereka sukai. Bahkan, ada pula orangtua yang memarahi anaknya karena tidak mau makan sayur.

Untuk mengatasi anak yang susah makan sayur, kamu bisa menerapkan beberapa {tips|ideas|suggestions} berikut ini di rumah:

1. Sajikan sayuran sejak kecil

Credit: Hai Bunda
Agar anak suka sayur, maka kamu harus membiasakan mereka untuk makan sayur sejak usia dini, tepatnya saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI. Lakukan kebiasaan ini saat makan siang dan malam sampai ia beranjak besar.

Supaya anak tidak bosan, kamu bisa menyajikan berbagai macam sayur dalam menu makannya setiap hari. Hindari memberikan sayur yang itu- itu saja, terutama jika pada dasarnya anak memang susah makan sayur.

2. Tawarkan semua jenis sayuran

Credit: Lifestyle Okezone
Mungkin anakmu tidak menyukai beberapa jenis sayuran, tetapi jangan menyerah begitu saja. Kamu bisa coba memberikan beragam sayuran lain yang tidak kalah bergizi, seperti buncis, selada, brokoli, wortel, sawi, kangkong, kacang panjang, dan lain- lain. Dengan menawarkan berbagai macam sayuran, anak akan lebih mengenal jenis dan rasa sayuran, hingga mereka bisa menemukan sayuran yang paling mereka sukai.

{3|three}. Hindari menyembunyikan sayuran

Credit: Hello Sehat
Menyembunyikan sayuran di dalam makanan lain seperti telur mungkin menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur. Sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil. Karena, anak perlu dikenalkan dengan sayuran dalam bentuk dan rasa yang asli, bukan disembunyikan dalam olahan lain.

Selain itu, hal ini juga bisa jadi boomerang, anak- anak bisa kehilangan kepercayaan terhadap makanan ketika menyadari bahwa selama ini mereka tertipu. Nantinya, anak mungkin jadi tidak mau makan sayur kalau tidak disembunyikan dan diolah sedemikian rupa.

{4|four}. Jadi contoh bagi si kecil

Credit: Orami Parenting
Jika kamu ingin si kecil suka sayuran, maka pastikan bahwa kamu pun juga menyukainya. Tunjukkan sayuran adalah makanan yang enak dan menyehatkan.

Makanlah dengan cara yang menyenangkan dan buatlah menu makan yang menggugah selera, sehingga anak pun akan menyukai sayuran. Agar sayuran terlihat lezat, kamu bisa memasak berbagai macam sayur yang berwarna cerah. Misalnya menambahkan jagung manis di sayur bayam, atau menambah potongan tomat di dalam sup ayam.

5. Memasak bersama

Credit: Food Detik
Jika perlu, kamu bisa mengajak anak untuk memasak bersama. Ketika memasak, kenalkan pada anak tentang manfaat sayuran yang sedang ia masak. Dengan begitu, anak menjadi lebih terdorong untuk makan sayur hasil masakannya sendiri. Selain itu, memasak bersama anak juga akan mempererat ikatan batin kamu dengan si kecil.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.